Logo Bloomberg Technoz

Starbucks CEO Baru untuk Angkat Penjualan, Upaya Ubah Nasib

News
15 August 2024 12:20

Ilustrasi Starbucks. (Qilai Shen/Bloomberg)
Ilustrasi Starbucks. (Qilai Shen/Bloomberg)

Daniela Sirtori - Bloomberg News

Bloomberg, Starbucks Corp memecat kepala eksekutifnya dan memilih Brian Niccol dari Chipotle Mexican Grill Inc sebagai pemimpin berikutnya. Langkah ini secara bersamaan membalikkan nasib dua jaringan restoran terbesar di Amerika.

Saham Starbucks, yang kini memiliki penyelamat baru, melonjak 24% pada Selasa (13/08/2024), kenaikan intraday terbesar dalam sejarahnya. Sementara itu, saham Chipotle, yang kini jatuh ke dalam ketidakpastian, turun hingga 13%.

Niccol akan memulai peran barunya pada 9 September, kata perusahaan dalam sebuah pernyataan. Kepala keuangan saat ini akan memimpin perusahaan hingga saat itu. Pendahulu Niccol, Laxman Narasimhan, mengundurkan diri dari posisinya efektif segera.

Perubahan kepemimpinan terjadi setelah investor aktivis Elliott Investment Management dan Starboard Value dilaporkan mengumpulkan saham di perusahaan tersebut. Meskipun Elliott belum menguraikan permintaan spesifik dari Starbucks, banyak targetnya yang telah mengubah manajemen setelah keterlibatannya. Elliott mengatakan pada Selasa bahwa mereka menyambut baik penunjukan Niccol.