Logo Bloomberg Technoz

PoD South Andaman oleh Mubadala Ditarget Kelar Oktober 2024

Dovana Hasiana
15 August 2024 11:40

Seorang karyawan Mubadala Development Co. berjalan melewati logo perusahaan./Bloomberg-Jonathan Drake
Seorang karyawan Mubadala Development Co. berjalan melewati logo perusahaan./Bloomberg-Jonathan Drake

Bloomberg Technoz, Jakarta Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan rencana pengembangan atau plan of development (PoD) Blok South Andaman rampung pada Oktober 2024.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menggarisbawahi Mubadala Energy, selaku operator dari Blok South Andaman, tengah melakukan kalkulasi kebutuhan yang diperlukan dalam rencana pengembangan. 

“Mubadala kan punya giant discovery satu dan big fish satu. Itu sudah cukup untuk mulai desain PoD,” ujar Dwi saat ditemui di JCC, Jakarta Pusat, dikutip Kamis (15/8/2024).

Sekadar catatan, perusahaan energi asal Uni Emirat Arab (UEA) tersebut memang telah berhasil menemukan Sumur Layaran-1 dengan potensi gas mencapai 6 triliun kaki kubik atau trillion cubic feet (TCF) gas in-place dan Sumur Tangkulo-1 dengan potensi gas sebesar 2 TCF gas in-place.

Menurut Dwi, produksi gas dari Blok South Andaman nantinya bakal disalurkan ke Sumatra, melalui metode pencairan menjadi gas alam air atau liquified natural gas (LNG).

Pipa-pipa kapal tanker liquefied natural gas (LNG). (Asim Hafeez/Bloomberg)