Logo Bloomberg Technoz

Jadi Perhatian

Dengan insentif tersebut, Dwi mengatakan, sektor hulu migas Indonesia kembali menjadi perhatian perusahaan migas asing, terutama pada tahapan eksplorasi.

Sebagai gambaran, ExxonMobil selaku operator dari Banyu Urip dan tengah melakukan eksplorasi pada 5 atau 6 area di Indonesia. Selain itu, Dwi mengatakan Eni SpA juga agresif dalam melakukan eksplorasi.

“Kemudian Harbour Energy maupun Mubadala sekarang di Andaman. BP juga melanjutkan eksplorasi di North Bali,” ujarnya.

“Jadi Indonesia menjadi perhatian untuk kembali ke eksplorasi. Jadi itu saya melihat sudah mulai cukup menarik.”

Sederet PR Besar Satgas Hulu Migas Pimpinan Luhut Pandjaitan (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Kritik Luhut

Berbeda pandangan dengan SKK Migas, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan terdapat sesuatu hal yang salah dari kebijakan fiskal Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait dengan industri hulu migas.

Tanpa mengelaborasi secara spesifik kebijakan fiskal yang dimaksud, Luhut mengeklaim aturan fiskal untuk industri migas menyebabkan Indonesia hanya mendapatkan investasi yang sedikit dalam sektor tersebut.

“Saya sampaikan ke Menteri Keuangan [Sri Mulyani], ada yang salah dengan kalian, 30 tahun tanpa investasi, mungkin ada yang salah dengan kebijakan. Kita harus ganti atau perbaiki kebijakan, harmonisasi peraturan,” ujar Luhut dalam agenda Supply Chain & National Capacity Summit 2024, di JCC, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2024).

Dalam paparannya, Luhut mengatakan setidaknya terdapat 11 solusi kebijakan untuk meningkatkan kapasitas produksi dalam negeri, di mana dua dari solusi tersebut berhubungan dengan Kementerian Keuangan.

Solusi tersebut di antaranya adalah perbaikan rezim perpajakan migas agar proporsional dan mengecualikan tahap eksplorasi dan optimalisasi pajak tidak langsung atas kegiatan hulu migas melalui revisi Peraturan Pemerintah (PP) 27/2017 dan PP 53/2017.

(dov/wdh)

No more pages