Logo Bloomberg Technoz

Penjelasan Lengkap soal Cacar Monyet dan Cara Pengobatannya

News
15 August 2024 10:10

Seorang pekerja laboratorium medis memegang botol darah untuk menguji virus cacar monyet. (Envato/MargJohnsonVA)
Seorang pekerja laboratorium medis memegang botol darah untuk menguji virus cacar monyet. (Envato/MargJohnsonVA)

Jason Gale dan Janice Kew - Bloomberg News

Bloomberg, Pemusnahan cacar global lebih dari 40 tahun lalu adalah salah satu pencapaian terbesar dalam sejarah kesehatan masyarakat, mengalahkan penyebab kematian, kebutaan, dan kecacatan yang telah menjangkiti manusia selama setidaknya 3.000 tahun.

Namun, keberhasilannya menyebabkan berakhirnya program vaksinasi global yang memberikan perlindungan terhadap penyakit terkait. Salah satunya adalah cacar monyet, yang telah menyebar dari inang hewannya untuk menginfeksi manusia di Afrika Barat dan Tengah dengan frekuensi yang semakin meningkat sejak tahun 1970-an.

Sekarang, sebuah strain virus yang berbahaya dan bermutasi telah terdeteksi di setidaknya enam negara Afrika,mendorong Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta otoritas kesehatan kontinental untuk mendeklarasikan keadaan darurat kesehatan.

Apa itu mpox? 

Mpox adalah penyakit yang tidak terlalu menular dibandingkan cacar dengan gejala yang umumnya lebih ringan, meskipun tetap dapat mematikan. Sementara sekitar 30% pasien cacar meninggal dunia, tingkat kematian untuk mpox berkisar antara 3% hingga 6%.