Logo Bloomberg Technoz

BMKG Tegaskan Gempa Megathrust Tak Terjadi Dalam Waktu Dekat

Dinda Decembria
15 August 2024 09:40

Peta prediksi curah hujan harian di Indonesia (DOK BMKG)
Peta prediksi curah hujan harian di Indonesia (DOK BMKG)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono meluruskan pembahasan potensi gempa di zona Megathrust Selat Sunda dan Mentawai-Siberut yang tinggal menunggu waktu.

Daryono mengatakan sebenarnya hal itu bukanlah hal baru, sudah lama, bahkan sudah ada sejak sebelum terjadi Gempa dan Tsunami Aceh 2024. 

Sekali lagi, ia menegaskan bahwa informasi potensi gempa megathrust yang berkembang saat ini sama sekali bukanlah prediksi atau peringatan dini, sehingga jangan dimaknai secara keliru, seolah akan terjadi dalam waktu dekat. 

"Untuk itu, kepada masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan beraktivitas normal seperti biasa, seperti melaut, berdagang, dan berwisata di pantai. BMKG selalu siap memberikan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami dengan cepat dan akurat," kata Daryono dalam keterangan rilis yang diterima Bloomberg Technoz, Kamis (15/8).

"Munculnya kembali pembahasan potensi gempa di zona megathrust saat ini bukanlah bentuk peringatan dini (warning) yang seolah-olah dalam waktu dekat akan segera terjadi gempa besar. Tidak demikian."tambahnya.