Logo Bloomberg Technoz

Di Evercore, Krishna Guha mengatakan indeks harga konsumen (IHK) AS tidak sempurna, tetapi cukup bagus karena konsisten dengan data yang jinak pada ukuran inflasi pilihan The Fed. Selain itu, bank sentral telah menolak ketergantungan pada titik data, dan melihat prospek yang lebih luas dan keseimbangan risiko.

"Ini sekarang adalah The Fed yang mengutamakan data tenaga kerja, bukan The Fed yang mengutamakan data inflasi, dan data tenaga kerja yang masuk akan menentukan seberapa agresif The Fed menarik pemotongan suku bunga," kata Guha.

Grafik S&P 500. (Sumber: Bloomberg)

Di Asia, data yang akan dirilis pada Kamis termasuk produk domestik bruto (PDB) di Jepang dan perdagangan Juli untuk Indonesia, sementara pasar di Korea Selatan dan India akan ditutup. Bank sentral China atau People's Bank of China (PBOC) akan merilis data Fasilitas Pembiayaan Jangka Menengah, sementara harga rumah, penjualan ritel, dan angka produksi industri juga akan diumumkan.

Manajer hedge fund Michael Burry, yang bertaruh melawan pasar perumahan AS pada 2008, semakin meningkatkan sahamnya di Alibaba Group Holding Ltd meskipun memangkas portofolio ekuitasnya hingga setengahnya pada kuartal kedua.

Investor juga akan fokus pada reaksi lebih lanjut atas keputusan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida untuk mundur dari pemilihan kepemimpinan Partai Liberal Demokrat yang berkuasa bulan depan. Langkah tersebut akan memicu "periode ketidakpastian politik yang sederhana," menurut Taro Kimura, Ekonom Senior Jepang untuk Bloomberg Economics. "Itu bukanlah prospek yang disambut baik untuk pasar mengingat kekacauan baru-baru ini di saham dan yen serta sorotan politik pada kenaikan suku bunga Bank of Japan (BOJ) bulan lalu."

Saham AS

S&P 500 memperpanjang kenaikannya menjadi hari kelima berturut-turut pada Rabu, rekor kemenangan terpanjang dalam lebih dari sebulan. Sebagian besar kelompok utama memperoleh keuntungan, dengan saham keuangan, energi, dan teknologi memimpin kenaikan. Dalam perdagangan akhir, Cisco Systems Inc naik pada perkiraan pendapatan yang solid.

Saham-saham raksasa teknologi beragam, dengan Nvidia Corp naik dan Alphabet Inc turun. "Indikator ketakutan" Wall Street - VIX - terus mereda, turun ke sekitar 16. Itu terjadi setelah lonjakan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang membawa pengukur di atas 65 minggu lalu.

Gubernur The Fed Bank of Chicago Austan Goolsbee mengatakan dia semakin khawatir tentang pasar tenaga kerja daripada inflasi, dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg News pada Rabu.

Di Nationwide, Mark Hackett mengatakan "menenangkan ketakutan makro" adalah salah satu faktor yang memberikan latar belakang yang lebih baik untuk ekuitas. Tekanan dari penurunan pasar adalah "ingatan yang memudar," katanya.

"Data inflasi telah cukup baik untuk memungkinkan The Fed mulai memangkas suku bunga pada bulan September, tetapi tidak memberi mereka alasan untuk memangkas secara agresif," kata Brian Rose di UBS Global Wealth Management. "Keputusan apakah akan memangkas 50 basis poin bukannya 25 basis poin biasanya dapat bergantung pada laporan tenaga kerja Agustus."

Rose juga mencatat bahwa data penjualan ritel hari Kamis (15/08/2024) adalah rilis penting lainnya karena risiko utama bagi skenario dasar soft landing adalah kemunduran dalam belanja konsumen.

Dalam komoditas, minyak kembali menguat dalam perdagangan awal setelah jatuh untuk sesi kedua pada Rabu (14/08/2024). Harga emas stabil pada awal Kamis setelah dua penurunan harian untuk diperdagangkan sekitar US$2.447 per ounce.

(bbn)

No more pages