Logo Bloomberg Technoz

Meskipun dia mencatat peningkatan terbaru dalam tingkat pengangguran dapat mencerminkan lebih banyak orang memasuki angkatan kerja, itu juga bisa menjadi "indikator bahwa kita tidak mencapai level stabil, tetapi bergerak ke sesuatu yang, dalam jangka pendek, lebih buruk."

"Jika itu mulai terjadi, maka penekanan kita harus lebih signifikan pada sisi pekerjaan dari mandat tersebut," katanya.

Gubernur The Fed Jerome Powell dan pembuat kebijakan lainnya telah mengatakan bahwa mereka semakin fokus untuk mencegah penurunan dalam pasar kerja. Ini merupakan sebuah perubahan dari tahun-tahun sebelumnya ketika bank sentral lebih fokus pada menjinakkan inflasi yang tinggi.

Pertemuan September

The Fed diperkirakan akan menurunkan suku bunga pada bulan September, meskipun investor dan ekonom terpecah tentang apakah itu akan dilakukan dengan penurunan seperempat poin atau setengah poin. Para trader bertaruh bahwa pembuat kebijakan akan memangkas biaya pinjaman sebesar satu poin penuh antara sekarang dan akhir tahun, menurut pasar berjangka.

Goolsbee menolak berkomentar secara spesifik tentang pertemuan September, tetapi dia merujuk ke proyeksi ekonomi terbaru dari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang menetapkan suku bunga. Dia mengatakan perkiraan tersebut menunjukkan beberapa penurunan suku bunga akan tepat dilakukan hingga 2025 bahkan dengan "kondisi yang kurang menguntungkan daripada yang kita hadapi sekarang."

Komite, menurut proyeksi median pada bulan Juni, memperkirakan akan menurunkan biaya pinjaman hanya sekali tahun ini, diikuti oleh empat pemotongan tambahan pada tahun 2025. Proyeksi juga memperkirakan bahwa pada akhir 2024, tingkat pengangguran akan mencapai rata-rata 4%. Angka tersebut naik menjadi 4,3% pada Juli.

Inflasi tahunan, menurut ukuran yang disukai The Fed, telah jatuh di bawah proyeksi Juni sebesar 2,6%.

"Jika Anda akan memasuki resesi atau Anda percaya bahwa Anda akan memasuki resesi, itu akan mempengaruhi tingkat pemotongan yang akan Anda lakukan," kata Goolsbee. "Kondisilah yang akan menjamin besarnya pemotongan," tambahnya.

(bbn)

No more pages