Logo Bloomberg Technoz

Pejabat The Fed Khawatirkan Pasar Kerja AS Lebih dari Inflasi

News
15 August 2024 06:30

Austan Goolsbee (Sumber: Bloomberg)
Austan Goolsbee (Sumber: Bloomberg)

Amara Omeokwe - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Bank of Chicago, Austan Goolsbee, mengatakan bahwa ia semakin khawatir tentang pasar tenaga kerja daripada inflasi, di tengah kemajuan terkini dalam tekanan harga dan data pekerjaan yang mengecewakan.

Goolsbee mengatakan suku bunga saat ini "sangat restriktif" dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg News pada Rabu (14/08/2024). Sikap tersebut menurutnya hanya akan tepat jika perekonomian sedang mengalami overheating. Dia menolak berkomentar tentang seberapa besar kemungkinan atau seberapa besar penurunan suku bunga yang mungkin terjadi pada pertemuan bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) berikutnya di bulan September.

Ketika ditanya tentang keseimbangan antara risiko inflasi dan pasar tenaga kerja, Goolsbee mengatakan, "Rasanya, pada margin, saya semakin khawatir tentang sisi pasar kerja dari mandat tersebut."

Komentar tersebut mengikuti data sebelumnya pada Rabu (14/08/2024) yang menunjukkan pengukur utama inflasi tahunan AS yang mendasar mereda untuk bulan keempat berturut-turut. Sementara data pasar tenaga kerja untuk Juli menimbulkan kekhawatiran bahwa The Fed terlalu lambat menurunkan suku bunga kebijakan utamanya dari tingkat tertinggi dalam lebih dari dua dekade.