Logo Bloomberg Technoz

Indikator tersebut juga naik 0,2% dari bulan sebelumnya dan 2,9% dari tahun lalu. BLS mengatakan hampir 90% dari kenaikan bulanan disebabkan oleh tempat tinggal, yang meningkat dari Juni.

IHK AS. (Dok: Bloomberg)

Inflasi secara umum masih dalam tren menurun karena ekonomi perlahan-lahan bergeser ke tingkat yang lebih rendah.

Dikombinasikan dengan pasar tenaga kerja yang melemah, The Fed secara luas diperkirakan akan mulai menurunkan suku bunga bulan depan, sementara ukuran pemangkasan kemungkinan akan ditentukan oleh lebih banyak data yang masuk.

Sebelum pertemuan September, para pejabat akan mendapatkan lebih banyak data inflasi ditambah dengan laporan ketenagakerjaan lainnya--yang akan sangat dicermati setelah angka-angka yang mengecewakan di Juli membantu memicu aksi jual di pasar global dan mengobarkan ketakutan akan resesi.

Gubernur The Fed Jerome Powell dan rekan-rekannya baru-baru ini mengatakan bahwa mereka lebih fokus pada sisi tenaga kerja dari mandat ganda mereka, yang kemungkinan akan mereka tekankan pada simposium tahunan mereka di Jackson Hole, Wyoming minggu depan.

Saham berjangka berfluktuasi dan imbal hasil obligasi naik. Para trader menetapkan probabilitas yang lebih rendah untuk pemangkasan sebesar 50 basis poin di September.

(bbn)

No more pages