Logo Bloomberg Technoz

Selain 56 pemda yang tak kunjung melakukan upaya penanganan inflasi, terdapat 34 pemda yang telah melakukan keenam upaya konkrit diatas dalam penanganan inflasi.

Selanjutnya, terdapat 140 pemda yang telah melakukan empat sampai 5 upaya konkrit dalam penanganan inflasi daerah.

Terdapat 285 daerah yang belum melakukan upaya konkrit dalam menangani inflasi karena hanya melakukan satu  dari tiga upaya dalam penanganan inflasi.

Sekadar informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan sebanyak 32 provinsi mengalami deflasi, sementara enam provinsi lain mengalami inflasi pada Juli 2024 secara bulanan (month-to-month/mtm).

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan deflasi paling dalam di Indonesia terjadi di Sumatra barat, yakni mencapai 1,07%. Sementara itu, inflasi tertinggi se-Indonesia berada di Papua Barat Daya, yakni sebesar 0,25%.

Berdasarkan wilayah, seluruh provinsi di Sumatra mengalami deflasi, dengan deflasi terendah berada di Aceh sebesar 0,11%, dan deflasi terdalam di Sumatra Barat, yakni 1,07%.

"Seluruh provinsi di Kalimantan juga mengalami deflasi. Deflasi terendah di Kalimantan Utara, yakni hanya 0,01% dan deflasi terdalam 0,68%," ujar Amalia dalam Konferensi Pers Inflasi Juli 2024, Kamis (1/8/2024).

Tak hanya Sumatra dan Kalimantan, seluruh provinsi di Sulawesi juga mengalami deflasi. Deflasi terendah di Sulawesi Utara 0,11%, sedangkan deflasi terdalam di Gorontalo 0,95%.

Di wilayah Jawa terjadi inflasi tertinggi di Jawa Barat 0,06%, sementara deflasi terdalam berlangsung di Banten, yakni sebesar 0.24%. Di Bali Nusra, terjadi inflasi tertinggi di Bali 0,1% dan deflasi terdalam di Nusa Tenggara Barat 0,35%.

Sementara di Maluku Papua, terjadi inflasi tertinggi di Papua Barat Daya 0,25%, sedangkan deflasi terdalam di Papua Selatan 0,92%.

(azr/lav)

No more pages