Logo Bloomberg Technoz

Kemendagri: 56 Pemda Tak Optimal Jaga Inflasi Daerah

Azura Yumna Ramadani Purnama
14 August 2024 17:50

Pembeli cabaiberbelanja di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (27/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pembeli cabaiberbelanja di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (27/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengungkapkan terdapat 56 pemerintah daerah (Pemda) yang belum melakukan langkah apapun dalam penanganan inflasi daerah hingga 12 Agustus 2024.

Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Restuardy Daud menjelaskan, pemda memiliki enam upaya konkrit yang perlu ditempuh dalam penanganan inflasi daerah, tapi hal tersebut masih belum dilakukan secara optimal.

“Ada enam yang secara konkrit dilakukan pemda dan ini belum optimal dilakukan dan kami dalam kesempatan ini juga menitipkan kepada teman-teman TPID [Tim Pengendali Inflasi Daerah] melakukan ini langkah-langkah tadi,” ucap Restuardy dalam acara GNPIP wilayah Jawa yang disiarkan secara virtual, Rabu (14/8/2024).

Ia menjelaskan, terdapat enam upaya konkrit yang dilakukan pemda dalam menangani inflasi daerah, yakni melaksanakan operasi pasar murah, melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang.

Selanjutnya, kerja sama dengan daerah penghasil komoditas untuk kelancaran pasokan, gerakan menanam, merealisasikan Belanja Tak Terduga (BTT) untuk intervensi, hingga dukungan transportasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).