Logo Bloomberg Technoz

TINS Lunasi Obligasi dan Sukuk Senilai Rp806 Miliar

Sultan Ibnu Affan
14 August 2024 17:10

Para pekerja mengemas timah batangan untuk diekspor di pabrik timah PT Timah di Pangkal Pinang, Pulau Bangka./Bloomberg-Dimas Ardian
Para pekerja mengemas timah batangan untuk diekspor di pabrik timah PT Timah di Pangkal Pinang, Pulau Bangka./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten pertambangan BUMN PT Timah Tbk (TINS) telah melunasi obligasi dan sukuk senilai total Rp806 miliar pada hari ini, Rabu (14/8/2024), atau menjelang jatuh tempo pada Kamis esok.

Secara terperinci, pelunasan itu meliputi obligasi berkelanjutan I Timah Tahap II Tahun 2019 Seri B sebesar Rp493 miliar dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Timah Tahap II Tahun 2019 sebesar Rp313 miliar.

"Tanggal 14 Agustus 2024 perseroan telah mentransfer dana sejumlah Rp806 miliar ke rekening Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk melunasi utang yang akan jatuh tempo pada tanggal 15 Agustus 2024," ujar Sekretaris Perusahaan TINS Abdullah Umar dalam siaran resminya.

Abdullah mengatakan, pelusanan utang tersebut dilakukan melalui fasilitas installment loan dari PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dengan tenor 3 tahun, yang juga diklaim  memiliki tingkat suku bunga yang lebih kompetitif.

Dengan pelunasan itu, dia berharap dapat menunjukkan stabilitas keuangan perusahaan yang baik serta komitmen TINS untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh investor.