Logo Bloomberg Technoz

Saat ini menjabat sebagai menteri transformasi digital, Kono memiliki banyak pengalaman kabinet, pernah menjabat sebagai menteri luar negeri dan menteri pertahanan. Kono telah melunakkan penentangannya terhadap tenaga nuklir dalam beberapa tahun terakhir. Dia telah menyatakan kekhawatiran tentang kebangkitan China dan mengatakan bahwa Jepang harus bergabung dengan kelompok intelijen "Five Eyes" yang terdiri dari Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris, dan AS. Dalam wawancara dengan Bloomberg TV bulan lalu, Kono mendesak BOJ untuk menaikkan suku bunga guna mendukung yen.

Yoko Kamikawa

Yoko Kamikawa. (Sumber: Bloomberg)

Menteri Luar Negeri Kamikawa adalah lulusan Harvard yang menjalankan perusahaan konsultannya sendiri sebelum terjun ke dunia politik. Jika terpilih, dia akan menjadi perdana menteri wanita pertama Jepang. Dia dikenal karena usahanya mempromosikan calon perempuan, meskipun menghadapi tantangan besar mengingat hanya sekitar 12% anggota parlemen LDP adalah perempuan. Kamikawa juga mendapat kritik dari para aktivis karena menyetujui sebanyak enam belas eksekusi, termasuk enam anggota sekte kiamat Aum Shinrikyo, saat menjabat sebagai menteri kehakiman. Kamikawa dapat berbicara dalam bahasa Inggris.

Toshimitsu Motegi

Toshimitsu Motegi. (Sumber: Bloomberg)

Seorang tokoh penting dalam partai yang baru-baru ini mengatakan bahwa BOJ harus lebih jelas menunjukkan niatnya untuk menormalkan kebijakan moneter, Motegi saat ini menjabat sebagai sekretaris jenderal LDP dan mantan menteri luar negeri. Dia juga lulusan Harvard dan memiliki citra tangguh di dalam LDP. Para analis politik mengatakan bahwa Motegi mungkin bisa meniru hubungan pribadi yang dibentuk oleh mantan Perdana Menteri Shinzo Abe dengan Donald Trump jika Trump memenangkan pemilihan presiden AS pada bulan November.

Shinjiro Koizumi

Shinjiro Koizumi. (Sumber: Bloomberg)

Putra mantan perdana menteri Junichiro, Shinjiro Koizumi menarik perhatian pada bulan September karena berselancar di Fukushima dalam upaya meredakan kekhawatiran tentang keamanan setelah pelepasan air limbah yang telah diolah dari pembangkit nuklir yang rusak di dekatnya. Mantan menteri lingkungan dan pendukung energi terbarukan yang mengkritik dukungan pemerintah terhadap pembangkit listrik tenaga batu bara, dia menjadi berita utama karena menikahi seorang penyiar berita TV terkenal dan menjadi menteri kabinet pertama yang mengambil cuti ayah.

Dia sebagian besar tetap rendah hati sejak konferensi pers tahun 2019 di mana dia mengatakan ingin membuat perjuangan melawan perubahan iklim "seksi" — sebuah pernyataan yang dilihat banyak orang di Jepang sebagai kekeliruan. Sebagai tanda bahwa dia mungkin bersedia menghadapi kepentingan-kepentingan yang ada di negaranya, Koizumi mendirikan kelompok lintas partai pada bulan November untuk menganjurkan pengenalan aplikasi berbagi tumpangan untuk membantu mengatasi kekurangan sopir taksi.

Sanae Takaichi

Sanae Takaichi. (Sumber: Bloomberg)

Seorang mantan drummer heavy metal yang beralih menjadi konservatif garis keras, Takaichi telah mengutip mendiang Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher sebagai inspirasinya. Meskipun saat ini menjabat sebagai menteri keamanan ekonomi, dia mendirikan kelompok studinya sendiri pada bulan November, yang mengejutkan banyak pihak karena dianggap sebagai cara untuk mengumpulkan dukungan bagi tantangan kepemimpinan.

Memilih Takaichi, yang sering berkunjung ke Kuil Yasukuni, yang dianggap di seluruh kawasan sebagai simbol militerisme masa lalu Jepang, akan membahayakan rekonsiliasi baru-baru ini antara Jepang dan Korea Selatan serta dapat memperburuk hubungan dengan China. Dia menganjurkan ketergantungan lebih lanjut pada tenaga nuklir dan menyatakan kekhawatiran tentang kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh panel surya. Takaichi adalah pengagum mendiang mantan Perdana Menteri Shinzo Abe dan dalam pencalonannya untuk kepemimpinan tahun 2021, dia mendukung sikap kebijakan moneter yang sangat longgar.

(bbn)

No more pages