Logo Bloomberg Technoz

Enam Calon Potensial Pengganti Kishida usai Mundur dari Ketua LDP

News
14 August 2024 18:40

Fumio Kishida (Sumber: Bloomberg)
Fumio Kishida (Sumber: Bloomberg)

Isabel Reynolds dan Alastair Gale - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Partai Demokrat Liberal (Liberal Democratic Party/LDP) yang berkuasa, yang akan digelar pada bulan September. Hal ini berarti Jepang akan memiliki pemimpin baru. Ketua LDP hampir pasti akan menjadi perdana menteri karena dominasi partai tersebut di parlemen.

Berikut adalah beberapa calon potensial yang bisa menggantikan Kishida:

Shigeru Ishiba

Shigeru Ishiba. (Sumber: Bloomberg)

Seorang mantan menteri pertahanan yang beberapa kali gagal dalam pencalonan untuk jabatan kepemimpinan, Ishiba secara teratur berada di puncak daftar politisi yang ingin dilihat oleh pemilih sebagai perdana menteri berikutnya. Dalam beberapa minggu terakhir, Ishiba telah menyatakan dukungannya terhadap normalisasi kebijakan moneter oleh bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ). Di situs webnya, ia menganjurkan kebijakan yang mencakup revitalisasi permintaan domestik untuk mendorong pertumbuhan, alih-alih mengandalkan perdagangan luar negeri.

Taro Kono

Taro Kono. (Sumber: Bloomberg)

Seorang tokoh yang vokal dan fasih berbahasa Inggris yang telah lama populer di kalangan publik dan LDP secara umum, Kono kalah dari Kishida dalam pemilihan presiden partai terakhir karena kurangnya dukungan dari rekan-rekannya di parlemen. Namun, fakta bahwa ia dianggap sebagai orang luar dapat mendorong partai untuk memilihnya guna memperbaiki citra yang ternoda oleh skandal penggalangan dana politik.