Logo Bloomberg Technoz

MIND Kebut 3 Proyek: Smelter Inalum-Antam hingga Pabrik CATL

Sultan Ibnu Affan
14 August 2024 17:00

MIND ID. (Sumber: dok. MIND ID)
MIND ID. (Sumber: dok. MIND ID)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) akan mengebut finalisasi 3 proyek strategis di sektor penghiliran mineral logam, termasuk dua smelter dan satu pabrik baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf mengatakan salah satu proyek strategis yang akan memasuki masa commissioning phase adalah pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) pada September 2024, yang progresnya saat ini telah mencapai sekitar 97%.

Smelter milik konsorsium PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam melalui PT Borneo Alumina Indonesia (BAI) di Mempawah, Kalimantan Barat ini diharapkan memasuki tahap COD pada Februari 2025.

Dua Anggota MIND ID itu mengucurkan investasi hingga US$830 juta atau setara Rp13,1 triliun untuk proyek SGAR. Nantinya, pabrik pemurnian bijih bauksit ini bisa memproduksi 1 juta ton alumina per tahun.

“Proyek ini diyakini akan memberikan dampak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah sekitar dengan serapan tenaga kerja hingga 1.000 orang,” kata Heri melalui siaran pers, Rabu (14/8/2024).