Logo Bloomberg Technoz

Megawati menegaskan, setiap warga negara memiliki hak sama di mata hukum. Menurut dia, pemilu langsung dibuat agar rakyat bebas memilih calon pemimpin berdasarkan hati nuraninya.

"Supaya rakyat itu menjadi hakim tertinggi, dia lah dengan hati nuraninya akan memilih pemimpinnya, diizinkan dan orang harusnya menerima hal itu," imbuh dia. 

Wacana KIM plus di Pilkada Jakarta mulanya dikemukakan oleh Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dengan menyebut bahwa mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai calon gubernur yang diusung KIM di Pilkada Jakarta. Artinya, KIM yang beranggotakan sejumlah partai pengusung Prabowo-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 itu akan ketambahan partai politik lain.

Adapun wacana KIM plus disebut-sebut sebagai upaya untuk menjegal mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dari Pilkada Jakarta. Dengan demikian, Anies tidak mendapatkan dukungan dari partai mana pun. Adapun tiga parpol yang telah mendukung Anies, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), PKB, dan Partai Nasdem, dikabarkan tengah goyah dan tertarik menjadi bagian dari KIM plus.

(mfd/ain)

No more pages