Logo Bloomberg Technoz

Yen dan BOJ

Yujiro Goto, kepala strategi mata uang di Nomura Securities Co.

"Jika Kishida tidak mencalonkan diri, mungkin ada ekspektasi bahwa akan lebih mudah bagi Motegi atau Kono untuk mencalonkan diri. Orang-orang mungkin akan membeli yen karena keduanya telah berbicara mengenai perlunya BOJ menaikkan suku bunga dan mengoreksi pelemahan yen sebelum pertemuan Juli."

"Apakah mereka benar-benar dapat menang adalah masalah lain karena jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan peringkat persetujuan Kono menurun dan dukungan untuk Motegi masih rendah." "Takaichi adalah satu-satunya orang yang memiliki kemungkinan untuk mengambil sikap yang jelas dalam mendukung kebijakan yang lebih akomodatif, sehingga hal ini dapat menekan yen lebih rendah lagi."

Yuya Fukue, trader di Rheos Capital Works Inc.

"Ada spekulasi bahwa pemerintahan mendatang dapat mendukung normalisasi kebijakan BOJ mengingat, selain Takaichi, kandidat-kandidat yang mungkin mencalonkan diri sebagai calon presiden LDP seperti Ishiba, Kono, dan Kato terlihat positif terhadap normalisasi kebijakan."

"Namun, banyak investor yang disibukkan oleh gejolak pasar dan tidak terlalu memperhatikan persaingan kepemimpinan LDP. Saya rasa perdagangan hari ini tidak didasari oleh keyakinan yang kuat."

Eiji Dohke, kepala strategi obligasi di SBI Securities Co.

"BOJ akan dapat melanjutkan strategi keluarnya dengan lebih mudah. Kishida adalah yang paling vokal dalam menentang kenaikan suku bunga BOJ. Banyak kandidat berikutnya berorientasi pada normalisasi." "Namun, kenaikan suku bunga pada akhir tahun ini menjadi lebih sulit."

Saham

Tomo Kinoshita, pakar strategi pasar global di Invesco Asset Management Jepang

"Karena peringkat persetujuan publik terhadap kabinet Kishida berada di level yang rendah, mungkin ada ekspektasi bahwa pergantian di tingkat atas akan meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan kebijakan."

"Akan menjadi negatif untuk saham" jika dorongan Jepang untuk menjadikan dirinya sebagai pusat manajemen aset melambat karena Kishida sangat dihormati di komunitas keuangan untuk inisiatif tersebut.

Shoki Omori, kepala strategi meja di Mizuho Securities

"Para pelaku pasar tidak akan menyukai situasi yang tidak menentu, terutama mereka yang berinvestasi pada aset-aset berisiko seperti saham. Perdana Menteri Kishida mendorong program NISA yang baru dan sekarang dia menarik diri. JPY akan bergantung pada faktor eksternal, terutama data AS dan the Fed. JGB akan tetap menjadi pasar penawaran/permintaan. Pandangan awal saya adalah bahwa ekuitas akan menjadi yang paling terpukul."

Charu Chanana, kepala strategi mata uang di Saxo Markets

"Meskipun pengunduran diri Kishida dapat menimbulkan ketidakpastian, peringkat persetujuannya yang rendah berarti reaksi negatif yang signifikan dari ekuitas dapat dihindari."

Shinichi Ichikawa, rekan senior di Pictet Asset Management

"Sulit untuk mengatakan siapa yang akan mengambil alih setelah Kishida. Namun, siapa pun yang menjadi perdana menteri berikutnya, yang hampir pasti adalah akan ada pembubaran parlemen dan pemilihan umum pada Oktober-November. Hal ini akan membuat BOJ semakin sulit untuk mengambil langkah apa pun. Hal itu mungkin mulai meresap ke pasar keuangan."

Andrew Jackson, kepala strategi ekuitas Jepang di Ortus Advisors Pte

"Pengunduran diri Kishida membuka jalan bagi Taro Kono untuk naik ke jabatan tersebut seperti yang hampir ia lakukan pada tahun 2021 ketika ia kalah dari Kishida. Ini bisa menjadi hal positif lainnya untuk nama-nama yang terkait dengan pertahanan mengingat dia adalah menteri pertahanan selama pemerintahan Abe."

"Meskipun banyak yang telah berubah dan prospek pertahanan jauh lebih akomodatif sejak saat itu, pasar mungkin masih menganggapnya sebagai hal yang positif untuk perusahaan-perusahaan seperti Mitsubishi Heavy Industries dan Kawasaki Heavy Industries."

Obligasi

Tomo Kinoshita, pakar strategi pasar global di Invesco Asset Management Jepang

Kishida "telah mengejar kebijakan fiskal yang agresif, termasuk peningkatan anggaran pertahanan. Pemimpin baru mungkin tidak akan memperluas kebijakan fiskal sebanyak sebelumnya, yang dapat berdampak positif pada pasar obligasi dalam hal kesehatan fiskal."

(bbn)

No more pages