Logo Bloomberg Technoz

Skandal Bikin Kishida Mundur Ketua Partai, Jepang Cari PM Baru

News
14 August 2024 14:00

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. (Dok: Bloomberg)
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. (Dok: Bloomberg)

Isabel Reynolds dan Yoshiaki Nohara - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida tidak akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal (Liberal Democratic Party/LDP) yang telah lama berkuasa pada bulan September. Keputusan ini memunculkan persaingan untuk menggantikannya sebagai perdana menteri.

"Saya akan mengabdikan diri untuk mendukung pemimpin baru yang dipilih melalui pemilihan presiden sebagai prajurit," kata Kishida pada jumpa pers yang disiarkan secara nasional pada Rabu (14/08/2024).

Mengacu pada dominasi LDP di parlemen, siapa pun yang nantinya akan menggantikan posisi Kishida hampir dipastikan akan menjadi perdana menteri berikutnya. Pengganti Kishida akan menjadi perdana menteri ketiga Jepang sejak Shinzo Abe, pemimpin terlama negara itu, yang mengundurkan diri pada September 2020.

Yen menguat setelah berita ini, naik sekitar 0,3% terhadap dolar pada pukul 12:08 siang di Tokyo, sementara indeks saham Jepang bervariasi, dengan Nikkei turun 0,2% dan Topix naik 0,5%. Kontrak berjangka obligasi pemerintah Jepang hampir tidak berubah.