Logo Bloomberg Technoz

Bappenas: E-money Bisa Jadi Kunci Digitalisasi Ritel Modern

Pramesti Regita Cindy
14 August 2024 14:20

Ilustrasi e-money (Envato/YuriArcursPeopleimages)
Ilustrasi e-money (Envato/YuriArcursPeopleimages)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Perdagangan, Investasi, dan Kerjasama Ekonomi Internasional Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) Laksmi Kusumawati menegaskan pentingnya peningkatan penggunaan uang elektronik (e-money) dalam sistem pembayaran di sektor industri ritel atau perdagangan eceran.

Menurutnya, tren ini sejalan dengan pengembangan industri dagal-el dan social commerce di Indonesia, yang makin mendorong transformasi digital dalam industri ritel modern.

"Penggunaan e-money [dan] e-wallet ini pun juga mendukung pertumbuhan e-commerce dari ritel modern di Indonesia dengan mempercepat transaksi kenyamanan dan inovasi dalam metode pembayaran," jelas Laksmi dalam paparannya di Gambir Trade Talk, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Lebih lanjut, Laksmi mencatat bahwa periode 2019—2023 terjadi peningkatan signifikan dalam nilai dan volume transaksi belanja ritel, masing-masing sebesar 69% dan 25%. 

Tren positif ini menurutnya juga terus berlanjut pada Mei 2024, di mana penggunaan uang elektronik meningkat sekitar 23% atau Rp219 triliun dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.