Logo Bloomberg Technoz

Daftar Broker yang Borong Saham WIKA Hingga ARA

Muhammad Julian Fadli
14 August 2024 12:27

Proyek Wijaya Karya (IKN) di Kalimantan Timur; Jalan Tol IKN KKT Kariangau - Sp. Tempadung. (Dok. WIKA)
Proyek Wijaya Karya (IKN) di Kalimantan Timur; Jalan Tol IKN KKT Kariangau - Sp. Tempadung. (Dok. WIKA)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tiga sekuritas unggulan di pasar modal Indonesia, Maybank Sekuritas (ZP), UBS Sekuritas (AK), dan JP Morgan Sekuritas (BK) ternyata amat gencar memborong saham PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) pada perdagangan kemarin Selasa, kala saham WIKA berhasil merangsek ke zona Auto Reject Atas (ARA).

Saham BUMN Karya, Wijaya Karya menutup perdagangan di posisi Rp266/saham yang merupakan level tertinggi dalam satu hari perdagangan saham reguler di Bursa Efek Indonesia, atau ARA dengan kenaikan 24,3% point-to-point. 

Kejadian impresif bagi saham WIKA bermula pada perdagangan Sesi I pagi hari, Selasa (13/8/2024). Dalam hitungan menit saham WIKA diguyur aksi beli amat masif, dengan volume sangat besar.

Gerak Saham WIKA pada Selasa 13 Agustus 2024 (Bloomberg)

Terbongkar traders terus mengakumulasi saham WIKA hingga ARA berkat transaksi pembelian saham dengan broker ZP, Maybank Sekuritas, yang berhasil menempati urutan pertama dalam daftar Top Net Buy dengan jumlah lot pembelian mencapai 254 ribu saham.

Adapun harga rata-rata dari transaksi beli tersebut ada di Rp242/saham. Net Value atau transaksi bersih traders melalui Maybank Sekuritas menyentuh Rp6 miliar dalam satu hari perdagangan saham.