Logo Bloomberg Technoz

Jagoan PDIP di 13 Pilkada Provinsi, vs KIM di Sumut dan Kaltim

Mis Fransiska Dewi
14 August 2024 12:05

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri saat HUT PDIP ke-51 di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Rabu (10/1/2024). (Tangkapan Layar Youtube PDIP)
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri saat HUT PDIP ke-51 di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Rabu (10/1/2024). (Tangkapan Layar Youtube PDIP)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan 13 calon dan pasangan calon yang akan diusung pada Pilkada Serentak 2024 tingkat provinsi. Para calon ini akan diusung PDIP bersama sejumlah partai koalisi untuk memenangkan kontestasi politik di wilayah tersebut.

Beberapa tokoh yang mencolok adalah jagoan PDIP di Pilkada Aceh yaitu mantan panglima GAM, Muzakir Manaf alias Mualem. Berdasarkan kabar dukungan sementara, PDIP berarti akan bersama Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk memenangkan Mualem. Hingga saat ini belum ada kepastian siapa yang akan menjadi cawagub dari koalisi tersebut.

Tak hanya di Aceh, PDIP juga berpotensi bergandengan dengan sejumlah partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) di beberapa provinsi. Salah satunya adalah Pilkada Bengkulu yang mengusung pasangan calon Helmy Hasan dan Mian. 

Helmy sendiri adalah adik dari Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. Helmy-Mian pun sudah mendapatkan rekomendasi dari PAN, Partai Demokrat, dan Partai Nasdem.

Akan tetapi, keputusan jagoan PDIP pada dua provinsi lain mendapat perhatian yaitu Sumatra Utara dan Kalimantan Timur. Pada dua wilayah ini, PDIP mengajukan jagoan sendiri dan berpotensi melawan koalisi gemuk bikinan KIM atau yang sering disebut dengan KIM Plus.