Logo Bloomberg Technoz

Korut Uji Rudal Balistik Baru untuk Serang AS

News
14 April 2023 09:02

Korea Utara (Sumber: Bloomberg)
Korea Utara (Sumber: Bloomberg)

Jeong-Ho Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Utara (Korut) mengatakan sedang menguji rudal balistik antarbenua (ICBM) berbahan bakar padat jenis baru yang dapat mengirimkan banyak hulu ledak nuklir ke daratan Amerika Serikat (AS).

“Sebuah rudal baru yang kuat, rudal balistik antarbenua 'Hwasong-18', yang berfungsi sebagai bagian penting dari kekuatan militer strategis negara, telah diuji," kata kantor berita resmi negara tersebut, Korean Central News Agency (KCNA), Jumat (14/04/2023).

Rezim Kim Jong Un diduga menembakkan sebuah ICBM pada Kamis yang mendarat di pulau utama Jepang Hokkaido. Uji coba terbaru itu menjadi pengingat akan sekumpulan senjata yang telah dilepaskan Korut dalam beberapa bulan terakhir untuk melakukan serangan nuklir menyusul penolakan mereka untuk terlibat dalam pembicaraan perlucutan senjata yang telah terhenti selama bertahun-tahun. 

Pada sebuah parade militer di bulan Februari, Korut meluncurkan lima tabung untuk ICBM berbahan bakar padat baru. Mereka memamerkan itu sebagai senjata masa depan yang akan lebih mudah digunakan dan lebih cepat ditembakkan dari yang ada saat ini sehingga diharapkan AS akan memiliki lebih sedikit waktu untuk menyiapkan pertahanannya.