Logo Bloomberg Technoz

Batu Bara Lanjut Reli, Menteri ESDM Sebut Penambang RI Bisa Cuan

Dovana Hasiana
14 August 2024 10:30

Coking coal./Bloomberg-Ferley Ospina
Coking coal./Bloomberg-Ferley Ospina

Bloomberg Technoz, Balikpapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan pengusaha pertambangan batu bara berpotensi mendapatkan keuntungan melalui momentum kenaikan harga komoditas tersebut, sebagaimana tercatat di pasar ICE Newcastle.

Arifin tidak menampik bahwa indeks seperti ICE Newcastle merupakan barometer harga untuk batu bara dengan kalori tinggi (6.000 kcal/kg NAR), padahal kalori batu bara di Indonesia tergolong rendah.

Namun, Arifin mengatakan, harga dari kalori batu bara rendah biasanya akan mengikuti harga dari kalori batu bara tinggi.

“Kita kan kalorinya ada yang 5.000 [kcal/kg NAR], ada yang 4.000 [kcal/kg NAR], itu kan ikut. Ya [pengusaha jual batu bara kalori rendah] ikut [cuan] kan, biasanya ikut, kecuali ada ketidakseimbangan supply,” ujar Arifin saat ditemui di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, dikutip Rabu (14/8/2024).

Pertambangan batu bara./Bloomberg-Ferley Ospina

Pada Senin (12/8/2024), batu bara di pasar ICE Newcastle untuk kontrak pengiriman bulan ini dihargai US$ 146,75/ton. Naik 0,51% dan menjadi yang tertinggi sejak 2 Mei atau lebih dari 3 bulan terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga batu bara naik 2,12% secara point-to-point. Selama sebulan ke belakang, harga melesat 8.74%.