Logo Bloomberg Technoz

PoD Harta Gas Temuan Eni di Geng North Bakal Diteken Bulan Ini

Dovana Hasiana
14 August 2024 10:20

LogoENI SpA./Bloomberg-Alessia Pierdomenico
LogoENI SpA./Bloomberg-Alessia Pierdomenico

Bloomberg Technoz, Balikpapan - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengatakan rencana pengembangan atau plan of development (PoD) sumur gas Geng North bakal disetujui pada Agustus 2024.

“Jadi Pak Menteri [Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif] sudah menargetkan ini sebagai kado kemerdekaan Ke-79 Indonesia,” ujar Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam agenda rapat di kantor PT Badak LNG, Bontang, Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024).

Persetujuan PoD, Dwi mengatakan, juga dilakukan paralel dengan keputusan investasi akhir atau final investment decision (FID) dan front-end engineering and design (FEED) oleh SKK Migas.

Dalam kaitan itu, Dwi memastikan PoD dari Geng North berada di luar proyek pengembangan Blok Indonesia Deepwater Development (IDD).

SPBU Eni SpA./Bloomberg-Giulio Napolitano

Sekadar catatan, salah satu perusahaan minyak dan gas (migas) asal Italia, Eni SpA, berhasil menemukan cadangan gas di wilayah kerja (WK) North Ganal, Kalimantan Timur. Temuan cadangan gas itu diperkirakan memiliki potensi penyimpanan awal sebesar 5 triliun kaki kubik atau trillion cubic feet (TCF).