Logo Bloomberg Technoz

Perangkat keras juga mengalami perubahan tampilan fisik dengan Google beralih dari desain melengkung yang telah digunakannya selama beberapa tahun pada ponsel Pixel.

Google merupakan penguasa pasar yang dominan dalam pencarian internet, namun posisinya menjadi ‘underdog’ dalam perangkat teknologi.

Sadar akan hal tersebut Google telah bekerja untuk mengintegrasikan perangkat keras dan perangkat lunaknya lebih erat.

Setelah menempatkan kepala perangkat Rick Osterloh sebagai penanggung jawab platform Android Google pada awal tahun ini, perusahaan bertaruh bahwa pendekatan yang lebih terpadu ini dapat mengubah bisnis perangkatnya menjadi mesin untuk pertumbuhan AI.

Google Pixel 9

Seperti banyak informasi yang telah bocor, Google memperkenalkan empat perangkat baru di lini smartphone. Selain Pixel 9, Pixel 9 Pro dan Pixel  9 Pro XL, juga ada model lipat di kelas premiuml, Pixel 9 Pro Fold. Google juga meluncurkan Pixel Watch 3 dalam dua ukuran dan Pixel Buds Pro 2.

Ponsel ini akan menampilkan Google Assistant versi upgrade dengan AI generatif Gemini milik perusahaan, sehingga mampu memberikan respons yang lebih canggih.

Pengguna Google Pixel 9 bisa memberikan resep masakan setelah melihat foto bahan-bahannya.

Google menawarkan pilihan ukuran dengan model Pro, termasuk versi 6,3 inch, edisi 6,8 inch, dan pilihan yang dapat dilipat dengan layar bagian dalam 8 inch.

Pixel 9 reguler ditawarkan mulai dari US$799 dan akan mulai dijual pada 22 Agustus. Versi Pro berada di kisaran harga US$999-US$1.099 dengan keunggulan kamera yang lebih baik. Material di lini Pro diklaim lebih canggih.

Perusahaan mengatakan bahwa ponsel Pixel 9 dua kali lebih tahan lama daripada model sebelumnya.

Edisi Pixel 9 Pro Fold juga menampilkan desain baru, bentuk lebih persegi saat dibuka. Harga Pixel 9 Pro Fold mulai dari US$ 1.799 dan mulai tersedia di toko-toko pada 4 September.

Pixel Watch 3

Google Pixel Watch 3. (Dok: Bloomberg)

Lini Pixel Watch baru mencakup opsi XL, berukuran 45 milimeter dengan tampilan lebih baik dan menyediakan area aktif yang lebih besar. Pixel XL dua kali lebih terang dari model sebelumnya.

Google menjanjikan daya tahan baterai selama 24 jam dengan layar yang selalu menyala (always-on display).

Jan jam tangan ini memungkinkan pengguna berinteraksi dengan kurir pengantar barang melalui Nest Doorbell milik perusahaan. Perangkat ini dapat digunakan untuk mengontrol perangkat Google TV.

Pixel Watch 3 dibanderol mulai dari US$349 hingga US$499 versi XL dengan konektivitas seluler built-in. Pixel Watch 3 mulai dijual 10 September.

Akuisi Fitbit sekitar tiga tahun lalu juga melancarkan proyek integrasi Google atas teknologi seputar kesehatan. Fitbit merupakan perusahaan teknologi dengan fokus pengembangkan perangkat kebugaran.

Sebagai bagian dari pengumuman pada hari Selasa, Google menawarkan pilihan kelas Peloton Interactive Inc kepada pengguna yang berlangganan versi premium layanan Fitbit. 

Pixel Buds Pro 2

Google Pixel Buds Pro 2. (Dok: Bloomberg)

Pixel Buds terbaru punya ukuran 27% lebih kecil dan 24% lebih ringan, kata Google. Earbud dibanderol US$ 229 termasuk cip A1 baru untuk pemrosesan audio. Pixel Buds Pro 2 juga akan mendapatkan daya tahan baterai selama 8 jam dengan sekali pengisian daya dalam mode peredam bising.

Google Gercep Rilis Pixel

Pengumuman ini datang pada waktu yang tidak biasa, karena Google biasanya memperbarui perangkat Pixel andalannya pada bulan Oktober.

Langkah tahun ini mendahului perusahaan menjelang debut Apple pada bulan September untuk lini iPhone 16. Apple juga merencanakan pembaruan untuk jam tangan dan AirPods.

Pada bagian lain Samsung sudah lebih dulu meluncurkan Galaxy Watch Ultra bersama dengan model Galaxy Fold dan Flip yang lebih mahal.

Google tampak mengalami kemajuan baru-baru ini setelah bertahun-tahun berjuang untuk bersaing dengan Apple, Samsung, dan perangkat asal China. Pixel menguasai 4,6% pasar AS, menurut perusahaan riset IDC, naik dari 3,6% pada tahun 2022. Namun Apple masih dominan dengan penguasaan lebih dari 50% pasar di AS.

Pada bulan Mei, Google meluncurkan ponsel Pixel 8a, hp smartphone dengan harga hemat, selain memangkas harga perangkat tabletnya. Google ingin membuat terobosan lebih lanjut. 

(bbn)

No more pages