Logo Bloomberg Technoz

Regulator Gugat Bursa Australia Atas Pernyataan Menyesatkan

News
14 August 2024 08:20

Papan elektronik menampilkan informasi saham di Bursa Efek Australia (ASX) di Sydney. (Fotografer: Brendon Thorne/Bloomberg)
Papan elektronik menampilkan informasi saham di Bursa Efek Australia (ASX) di Sydney. (Fotografer: Brendon Thorne/Bloomberg)

Harry Brumpton - Bloomberg News

Bloomberg, Regulator sekuritas Australia menggugat ASX Ltd atas pernyataan menyesatkan terkait proses selama bertahun-tahun untuk meningkatkan sistem kliring dan penyelesaiannya.

Menurut sebuah pernyataan dari ASIC pada Rabu (14/08/2024), Australian Securities and Investments Commission (ASIC) menuduh pernyataan yang dibuat dalam pengumuman ASX pada 10 Februari 2022 tentang proyek penggantian Clearing House Electronic Subregister System, yang dikenal sebagai Chess, tetap "berjalan sesuai rencana untuk diluncurkan" pada April 2023 dan "berjalan dengan baik" adalah pernyataan yang menyesatkan.

"Kami menduga keadaan sebenarnya pada tanggal 10 Februari 2022 adalah bahwa proyek tersebut tidak 'berjalan dengan baik', bertentangan dengan pengumuman ASX," kata Ketua ASIC Joe Longo dalam pernyataannya.

CEO ASX Helen Lofthouse mengatakan perusahaan mengakui "signifikansi dan sifat serius dari proses ini," menurut pernyataan terpisah. "Kami bekerja sama sepenuhnya dengan penyelidikan ASIC dan sekarang sedang meninjau dan mempertimbangkan tuduhan tersebut."