Logo Bloomberg Technoz

Dengan latar belakang meredanya tekanan inflasi, lemahnya angka pekerjaan di Juli mendorong para ekonom untuk memperkirakan penurunan suku bunga Federal Reserve yang akan dimulai bulan depan.

Laporan PPI menunjukkan biaya jasa turun 0,2%, yang mencerminkan margin yang lebih rendah di perusahaan-perusahaan manufaktur dan kendaraan. Harga-harga barang naik 0,6%, kenaikan terbesar sejak Februari dan dipimpin oleh kenaikan harga bensin.

Dengan mengesampingkan makanan, energi, dan perdagangan, indikator yang tidak terlalu bergejolak yang disukai oleh banyak ekonom, harga-harga naik 0,3%, yang merupakan kenaikan terbesar dalam tiga bulan terakhir.

Dibandingkan dengan tahun lalu, ukuran ini naik 3,3%. Kategori-kategori dalam laporan PPI yang digunakan untuk menghitung ukuran inflasi yang disukai Fed--indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi--pada umumnya tidak banyak berubah.

Di antara kategori-kategori tersebut, biaya perawatan dokter dan harga tiket pesawat turun, sementara biaya rawat jalan rumah sakit datar. Harga-harga untuk layanan manajemen portofolio meningkat 2,3%. Indeks harga PCE Juli akan dirilis akhir bulan ini.

(bbn)

No more pages