Logo Bloomberg Technoz

Volume harian rata-rata yuan yang dipinjam melalui swap melonjak menjadi 20 miliar yuan (US$2,8 miliar) di Agustus dibandingkan dengan 10 miliar yuan di Juni, demikian perhitungan Bloomberg dengan menggunakan data bank sentral terbaru.

Bank Rusia berebut Yuan China. (Dok: Bloomberg)

Perusahaan-perusahaan Rusia semakin sering melakukan pembayaran melalui negara-negara bekas republik Soviet yang "bersahabat" seperti Kazakhstan dan para eksportir dapat menyimpan lebih banyak pendapatan mereka di luar Rusia setelah aturan repatriasi wajib dilonggarkan.

Sberbank--bank terbesar di Rusia--melihat "tidak ada prospek" akan membaiknya situasi likuiditas yuan secara dramatis, layanan berita Interfax mengutip Taras Skvortsov, wakil presiden senior dan kepala divisi keuangannya, yang mengatakan pada 8 Agustus.

Apa yang dikatakan oleh Bloomberg Economics ....

"Pasar uang yuan Rusia belum pulih, yang mengisyaratkan bahwa bank-bank Rusia sedang berjuang untuk menemukan solusi yang dapat diandalkan. Bank of Russia melangkah ke dalam celah yang mungkin ditinggalkan oleh cabang-cabang bank swasta China di Rusia. Biaya berbasis yuan yang lebih tinggi dapat berarti volume perdagangan yang lebih rendah dengan China, sumber utama impor Rusia. Jika ekspor China ke Rusia--baik secara langsung maupun transshipment--menurun di paruh kedua tahun ini, Washington akan dapat mengklaim kemenangan besar dalam perang sanksinya terhadap Rusia, dan kemampuan yuan untuk menjadi alternatif bagi dolar akan semakin dipertanyakan." Alex Isakov, Ekonom Rusia

AS memperluas parameter untuk menentukan apakah akan memberlakukan sanksi sekunder dengan memperluas definisi pangkalan industri militer Rusia. Bulan lalu, Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan mengatakan bahwa AS sedang mempersiapkan sanksi-sanksi baru terhadap entitas-entitas China yang mendukung perang Rusia di Ukraina, yang mengisyaratkan bahwa bank-bank mungkin akan terkena dampaknya.

Peringatan tersebut telah membuat banyak pemberi pinjaman China waspada dalam mentransfer yuan, dan dalam beberapa kasus membekukan transaksi selama berbulan-bulan, menurut Vladimir Chernov, analis di pialang Freedom Finance Global.

Ketika suku bunga untuk meminjam yuan dalam semalam melonjak melebihi 20%, Bank of Russia melipatgandakan volume maksimum yang diizinkan untuk swap yuan menjadi 30 miliar yuan. Meskipun hal ini menurunkan biaya pendanaan dalam mata uang China, suku bunga secara signifikan lebih tinggi daripada sebelum sanksi pada Juni.

Pergerakan Yuan China. (Dok: Bloomberg)

(bbn)

No more pages