Logo Bloomberg Technoz

RI Kini Punya Paxlovid Obat Baru Covid-19 Diklaim Lebih Efektif

Ezra Sihite
14 April 2023 07:48

Ilustrasi obat-obatan (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi obat-obatan (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Obat baru Covid-19 kini tersedia di Indonesia yang dinilai Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lebih efektif dalam proses penyembuhan pasien Covid.

Obat tersebut yakni obat antivirus oral bernama Nirmatrelvir/Ritonavir atau Paxlovid. Obat ini bisa diberikan kepada pasien dengan tingkat keparahan ringan hingga sedang dan berpotensi menjadi berat. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, penyediaan stok obat dalam negeri merupakan upaya pemerintah dalam menjamin masyarakat mudah mengakses obat. 

"Kita harus memiliki obat yang tersedia di dalam negeri. Jadi ketika seseorang terkena penyakit, mereka tidak perlu panik, mereka tidak harus bergantung pada pemerintah. Mereka dapat pergi ke fasilitas kesehatan yang dekat untuk mendapatkan akses ke obat ini," ujar Menkes Budi pada serah terima Paxlovid di gedung Kemenkes, Jakarta sebagaimana keterangan pers pada Kamis malam (13/4/2023). 

Sementara itu Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes L. Rizka Andalusia mengatakan Paxlovid sudah dapat izin edar dari Badan POM Amerika. Obat ini sudah terbukti dari uji klinisnya efektif untuk gejala ringan yang berisiko tinggi menjadi berat.