Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Tambah Anggaran IKN Jadi Rp75 Triliun, Ini Alasannya

Azura Yumna Ramadani Purnama
13 August 2024 13:48

Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)
Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menambah alokasi anggaran untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2024 sebesar Rp2,5 triliun menjadi Rp42,5 triliun, dari semula Rp40 triliun. Apa alasannya?

Secara akumulasi, total anggaran yang digelontorkan pemerintah untuk pembangunan IKN mencapai Rp75 triliun dari semula Rp72,5 triliun. Angka ini terdiri dari, realisasi anggaran 2022 Rp5,5 triliun, realisasi 2023 Rp27 triliun, dan pagu APBN 2024 yang tiba-tiba bertambah menjadi Rp42,5 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata menjelaskan pemerintah menambah anggaran IKN terutama untuk memenuhi kualitas pembangunan gedung, dan termasuk pula pembangunan jalan tol.

"Dalam pelaksanaan di lapangan, ditemukan beberapa area yang memerlukan penguatan dari bangunan maupun jalan tol, jadi perlu tambahan anggaran. Ini terutama untuk safety bangunan dan jalan tol tersebut," ujar Isa dalam Konferensi Pers APBN Kita, Selasa (13/8/2024).

Selain itu, lanjut Isa, ada pula pekerjaan yang harus disegerakan tahun ini. Salah satunya berupa perbaikan sarana sekolah, mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (AS) yang sudah ada di sekitar wilayah IKN.