Logo Bloomberg Technoz

Jelang Upacara HUT Ke-79 RI: Okupansi Hotel Sekitar IKN Melesat

Pramesti Regita Cindy
13 August 2024 14:50

Ilustrasi kamar hotel. (Dok. Bloomberg)
Ilustrasi kamar hotel. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalimantan Timur (Kaltim) Sahmal Ruhip menuturkan tingkat keterisian kamar atau okupansi hotel-hotel di sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN) menunjukkan peningkatan signifikan menjelang peringatan HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

Dia menyatakan okupansi hotel di areal sekitar IKN, termasuk Kota Balikpapan, naik pesat dengan tingkat hunian mencapai kapasitas penuh.

"[Okupansi] pasti meningkat lah, terdapat hotel-hotel berbintang. Di IKN, walaupun ada Hotel Nusantara, keterbatasannya [satu hotel] cuma 190 kamar," ungkap Sahmal kepada Bloomberg Technoz, Selasa (13/8/2024).

Lebih lanjut, Sahmal juga menyebut hotel-hotel nonbintang di sekitar IKN juga turut membantu dalam menyediakan akomodasi, khususnya untuk tamu-tamu nonpejabat. Balikpapan menjadi daerah dengan permintaan kamar tertinggi, terutama pada 16—17 Agustus. 

Titik Nol pemerintahan pusat di IKN Nusantara diPenajam Paser Utara, Kamis, 21 September 2023. (Dok: Dimas Ardian/Bloomberg)

Tarif Naik