Logo Bloomberg Technoz

Untuk diketahui, koalisi Pemerintahan, KIM Plus mengusung mantan Gubernur Jawa Barat tahun 2018-2023, Ridwan Kamil maju Pilkada Serentak wilayah Jakarta. Akan tetapi koalisi ini belum menentukan sosok calon calon wakil gubernur atau cawagub.

“Bagaimanapun yang namanya independen itu tidak sekuat pada yang didukung oleh partai politik. Tidak sekuat pada yang didukung oleh kubu pemerintah. Atau, tidak sekuat yang didukung oleh kekuasaan,” ucap Ujang.

Dalam beberapa hari terakhir, Anies Baswedan semakin santer gagal maju pada Pilkada DKI Jakarta. Hal ini nampak pada perseteruan gubernur DKI Jakarta 2017-2022 tersebut dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) -- salah satu anggota koalisi perubahan yang berniat mengusung Anies pada Pilkada DKI Jakarta.

Kabarnya PKS dan rekan koalisi tersebut, Partai Nasdem akan berpindah menjadi anggota KIM Plus untuk mengusung Ridwan Kamil. Anies kemudian hanya tinggal menyisakan harapan pada koalisi antara PDIP dan PKB. Akan tetapi, sejarah politik PDIP dan Anies tak terlalu harmonis.

(fik/frg)

No more pages