Logo Bloomberg Technoz

Vs Calon Independen, Ridwan Kamil Diprediksi Menang Mudah

Muhammad Fikri
13 August 2024 15:20

Ilustrasi Artikel Anies dan Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Artikel Anies dan Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil diprediksi akan memenangkan Pilkada DKI Jakarta dengan mudah jika mantan calon presiden Pemilu 2024, Anies Baswedan batal maju. Hal ini berarti, koalisi Ridwan Kamil hanya akan berhadapan dengan pasangan calon independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto.

Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat menilai, Ridwan Kamil melawan Dharma-Kun tak akan berlangsung seimbang. Ridwan sendiri tercatat akan diusung koalisi gemuk bernama KIM Plus yang dikabarkan berisi 7-8 partai politik.

“Kalau RK [Ridwan Kamil] dengan Dharma berhadapan ya dengan mesin politik partai, dengan dukungan penguasa gitu, bisa dipastikan ya RK akan menang dengan mudah,” kata Cecep saat dihubungi Bloomberg Technoz, Selasa (13/8/2024)

Senada dengan Cecep, Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin juga mengatakan, calon independen akan sangat kesulitan menghadapi mobilisasi partai politik dan penguasa di kontestasi politik Jakarta. Calon independen sendiri kerap mengalami kesulitan lolos verifikasi faktual berkaitan dengan syarat dukungan minimal dari pemilih atau masyarakat.

“Potensi menang dari kubu pemerintahan, kubu KIM Plus itu sangat tinggi, sangat besar,” kata Ujang.