Logo Bloomberg Technoz

Bicara IKN, Jokowi Sebut Istana Jakarta & Bogor Warisan Belanda

Redaksi
13 August 2024 13:30

Presiden Jokowi Tinjau Kawasan Istana di IKN (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Tinjau Kawasan Istana di IKN (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Ibu kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur merupakan bukti bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk membangun ibu kota sesuai keinginan dan desain sendiri, bukan lagi tergantung pada warisan kolonial Belanda.

Hal Ini disampaikan oleh Jokowi dalam Pengarahan Presiden Kepada Kepala Daerah Seluruh Indonesia di IKN, seperti dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (13/8/2024).

Jokowi memamparkan Istana Kepresidenan di Jakarta dan Bogor merupakan warisan dari zaman Belanda. Istana Negara Jakarta sempat dihuni pemerintah kolonial pada masa kepemimpinan Gubernur Jenderal Pieter Gerardus van Overstraten.

Istana Merdeka Jakarta dihuni oleh Gubernur Jenderal Johan Wilhelm van Lansberge. Serta Istana Kepresidenan di Bogor dihuni oleh Gubernur Jenderal GW Baron van Imhoff.

“Saya ingin menyampaikan bahwa itu sekali lagi Belanda. Bekas Gubernur Jenderal Belanda dan sudah kita tempati 79 tahun. Bau-baunya kolonial selalu saya rasakan setiap hari, dibayang-bayangi,” ungkap Jokowi.