Logo Bloomberg Technoz

Anggaran HUT RI di IKN Capai Rp87 Miliar, Melonjak 64%

Azura Yumna Ramadani Purnama
13 August 2024 12:30

Presiden Jokowi Saat Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih, 17 Agustus 2023. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Presiden Jokowi Saat Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih, 17 Agustus 2023. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah menggelontorkan dana mencapai Rp87 miliar khusus untuk kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 17 Agustus 2024 mendatang. 

Angka ini melonjak 64,15% dari anggaran HUT RI yang digelar di DKI Jakarta pada tahun lalu, yakni sebesar Rp53 miliar.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata menjelaskan kenaikan anggaran terutama disebabkan oleh pengadaan alat-alat upacara baru di IKN. Selain itu, ada pula penyiapan sarana fisik yang memang perlu dilakukan di tempat baru.

"Jamuan juga cukup besar dibanding di Jakarta, terutama karena lokasinya belum tersedia sarana dan prasarana yang cukup untuk jamuan ini," ujar Isa dalam Konferensi Pers APBNKita, Selasa (13/8/2024).

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan perkembangan anggaran pembangunan IKN Nusantara. Anggaran untuk IKN di Kalimantan Timur sudah terpakai lebih dari Rp 11 triliun untuk tahun ini.