Logo Bloomberg Technoz

Tak Cuma Likuiditas Bank, SRBI Juga Sedot Arus Modal Pasar Saham

Ruisa Khoiriyah
13 August 2024 14:15

Ilustrasi Rupiah. (Brent Lewin/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Brent Lewin/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Likuiditas yang beredar di industri perbankan dan industri keuangan nonbank seperti asuransi, dana pensiun juga reksa dana, terus tersedot menyerbu Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI). Pada saat yang sama, animo asing masuk ke SRBI terindikasi melambat. 

Bunga tinggi SRBI masih menjadi daya tarik utama para investor masuk ke instrumen yang dihadirkan bank sentral untuk menarik dana asing masuk tersebut. Perbankan dan industri nonbank semakin banyak menggeser penempatan likuiditas ke SRBI dari tadinya di Surat Berharga Negara (SBN).

Penempatan yang makin besar di SRBI juga disinyalir mempengaruhi penurunan nilai transaksi di bursa saham.

Mengacu pada data terbaru yang dilaporkan oleh Bank Indonesia, selama Juli, perbankan menambah kepemilikan di SRBI sebesar Rp76,37 triliun atau naik 16,55% dibanding posisi akhir Juni, menjadi sebanyak Rp537,66 triliun.

Sementara industri nonbank lokal, seperti pengelola reksa dana, asuransi dan dana pensiun, melanjutkan aksi borong SRBI sepanjang bulan lalu menjadi Rp63,83 triliun, naik 54,25% atau bertambah Rp22,45 triliun dibanding posisi akhir Juni.