Logo Bloomberg Technoz

Tren Pertumbuhan Properti Diklaim Meluas, Tak Lagi Jawa-Sentris

Pramesti Regita Cindy
13 August 2024 10:50

Suasana pembangunan perumahan di kawasan Cileungsi, Kab Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/5/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Suasana pembangunan perumahan di kawasan Cileungsi, Kab Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/5/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - CEO dan Founder Pinhome —situs pencarian properti — Dayu Dara Permata menuturkan, tren pertumbuhan properti di Tanah Air kini menunjukkan perluasan dan tidak lagi berpusat di wilayah Pulau Jawa saja.

Hal ini diklaimnya melalui riset terbaru Pinhome yang menunjukkan pertumbuhan properti di luar Jawa yang signifikan, terbukti dari jangkauan yang sudah tersebar di 100% provinsi Indonesia.

"Ini adalah bukti bahwa setiap daerah memiliki potensi yang dapat dikembangkan, dan kami bangga menjadi bagian dari perjalanan mewujudkan mimpi properti bagi masyarakat Indonesia, di mana pun mereka berada," ungkap Dara dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (13/8/2024).

Untuk Pasar properti Sumatra, riset Pinhome menunjukkan pertumbuhan yang pesat, didorong oleh peningkatan lebih dari empat kali lipat inventaris rumah seken di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan.

Selain itu, minat terhadap properti komersial juga meningkat tajam di Sumatra Barat, Lampung, dan Kepulauan Riau.

Ilustrasi Perumahan Griya Setia Nusa Pekanbaru. (Dok: BP Tapera)