Logo Bloomberg Technoz

“Volatilitas bisa kembali minggu ini,” kata Solita Marcelli di UBS Global Wealth Management.

“Jika inflasi terlalu rendah, ini dapat meningkatkan kekhawatiran bahwa AS mungkin menuju resesi. Jika inflasi terlalu tinggi, hal itu dapat mendorong kekhawatiran bahwa Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) mungkin tidak dapat memangkas suku bunga cukup cepat untuk melindungi perekonomian. Risiko geopolitik juga tetap tinggi,” jelasnya.

Investor juga bersiap untuk rilis data Indeks Harga Produsen (IHP) AS pada Selasa dan IHK pada Rabu. Keduanya akan memberikan gambaran tentang inflasi di negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu.

Menurut Keith Lerner di Truist Advisory Services, setelah guncangan volatilitas sebelumnya, investor cenderung melihat perubahan signifikan dalam kedua arah, dan proses perbaikan biasanya membutuhkan waktu.

Terutama, untuk mendapatkan kepercayaan lebih lanjut, investor akan menunggu beberapa laporan/acara dengan profil tinggi seperti pidato Gubernur The Fed Jerome Powell di Jackson Hole. Sementara itu, setiap laporan ekonomi kemungkinan akan diteliti secara berlanjut dan berulang, katanya.

Pernyataan terbaru dari pejabat Federal Reserve juga turut jadi sentimen penting. Anggota Dewan Gubernur Michelle Bowman menyatakan, suku bunga acuan sudah bisa turun jika syarat-syaratnya terpenuhi.

“Jika data yang ada menunjukkan bahwa inflasi bergerak menuju target 2% secara berkelanjutan, maka akan menjadi layak (appropriate) untuk secara bertahap memangkas suku bunga acuan. Namun kita harus sabar dan tidak bereaksi berlebihan terhadap satu data saja,” papar Bowman dalam sambutan di acara yang digelar Kansas Bankers Association, oleh Bloomberg News.

Mengutip CME FedWatch Tools, The Fed diperkirakan sudah tidak mungkin lagi mempertahankan suku bunga acuan di level tertinggi saat ini. Pilihan yang ada adalah pemangkasan 25 basis poin (bps) atau 50 bps, yang keduanya sama besar pagi ini.

Peluang penurunan Federal Funds Rate sebesar 25 bps menjadi 5-5,25% pada September adalah 50%. Adapun probabilitas pengguntingan mencapai 50 bps juga dengan kemungkinan 50%.

(fad/aji)

No more pages