Logo Bloomberg Technoz

Rupiah kemarin melemah untuk hari kedua, setelah mencetak reli tujuh hari penguatan tanpa putus. Pelemahan rupiah masih relatif kecil di mana mata uang masih bertahan di bawah level Rp16.000/US$.

Berkaca dari gelar lelang Surat Utang Negara (SUN) minggu lalu yang berlangsung di tengah turbulensi pasar, permintaan investor meningkat karena guncangan di pasar global telah membuat para pemodal mengincar surat utang sebagai 'safe haven', keluar dari pasar saham.

Hari ini, ada dua seri SPN syariah tenor pendek yang dilelang, beserta lima seri PBS yang sifatnya reopening semua. 

"Lelang dibuka hari Selasa tanggal 13 Agustus 2024 pukul 09.00 WIB dan ditutup pukul 11.00 WIB. Hasil lelang akan diumumkan pada hari yang sama. Setelmen akan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2024 atau 2 hari kerja setelah tanggal pelaksanaan lelang (T+2)," jelas Kementerian Keuangan RI.

Asing jual SRBI

Pada tiga lelang terakhir Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI), bank sentral terus menurunkan bunga diskonto yang diberikan. Terakhir untuk SRBI tenor 12 bulan, bunganya turun jadi 7,23%. Penurunan bunga SRBI sepertinya telah membuat asing mengurangi posisi. 

Pada pekan lalu, asing mencatat posisi jual bersih SRBI senilai Rp1,28 triliun untuk periode transaksi 5-8 Agustus. Pada saat yang sama, asing membukukan net buy di SBN sebesar Rp2,24 triliun.

Sampai akhir Juli lalu, posisi asing di SRBI masih terus melejit mencapai 27,4% dari total SRBI yang beredar di pasar, setara dengan nilai Rp235,99 triliun menurut data BI. Pada Juni, proporsinya baru sebesar 26,7%.

(rui)

No more pages