Logo Bloomberg Technoz

Ketum Mundur, Golkar Tak Ubah Rekomendasi Calon di Pilkada 2024

Mis Fransiska Dewi
13 August 2024 07:50

Ketua Umum Airlangga Hartarto bersama kader Ridwal Kamil. (Dok: Golkar)
Ketua Umum Airlangga Hartarto bersama kader Ridwal Kamil. (Dok: Golkar)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Golkar memastikan tak akan mengubah atau menarik rekomendasi kepada para calon atau pasangan calon pada Pilkada 2024. Partai berlambang pohon beringin ini memastikan dukungan tetap dilanjutkan meski Ketua Umum Airlangga Hartarto mengundurkan diri.

”Proses menghadapi pilkada, terutama ini buat bapak-bapak dan ibu-ibu yang selama ini berinteraksi dengan Partai Golkar dalam proses pencalonan, apakah itu kader Partai Golkar atau kader partai yang lain, insya Allah tidak terganggu, bapak-bapak dan ibu-ibu tetap akan bisa didukung dan dicalonkan oleh Partai Golkar,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia, dikutip Senin (12/8/2024). 

Sejauh ini, kata dia, Partai Golkar sudah menerbitkan surat rekomendasi pencalonan bagi 22 calon gubernur dan atau wakil gubernur; serta 321 pasangan calon di tingkat kabupaten dan kota. Dia memastikan dukungan tersebut bukan semata keputusan Airlangga, namun Golkar sebagai sebuah partai peserta pilkada.

”Saya yakin teman-teman DPP dan juga DPD provinsi, kabupaten, kota Ini meresponsnya secara positif, secara konstruktif, dalam konteks tetap menjaga keutuhan dan soliditas Partai Golkar, terutama menghadapi pilkada,” tutur dia.

Demikian pula, menurut Doli, wakil ketua umum yang akan dipilih sebagai plt atau pelaksana tugas ketua umum juga tak akan mengubah rekomendasi partai yang sudah diberikan kepada para pasangan calon.