Logo Bloomberg Technoz

Fitch Turunkan Peringkat Utang Israel Imbas Perang dengan Hamas

News
13 August 2024 06:30

Ilustrasi Israel.
Ilustrasi Israel.

Zijia Song dan Galit Altstein - Bloomberg News

Bloomberg, Peringkat utang Israel diturunkan satu tingkat oleh Fitch Ratings, yang mempertahankan prospek negatif terhadap kredit negara tersebut karena perang yang berkelanjutan membebani keuangan publik.

Menurut sebuah pernyataan pada Senin (12/08/2024), perusahaan pemeringkat menurunkan skor negara tersebut menjadi A dari A+, dengan alasan "perang yang berkelanjutan" dan risiko geopolitik sebagai pendorongnya.

Tindakan ini “mencerminkan dampak dari berlanjutnya perang di Gaza, meningkatnya risiko geopolitik, dan operasi militer di berbagai medan perang,” tulis analis termasuk Cedric Julien Berry dan Jose Mantero. "Menurut pandangan kami, perang di Gaza dapat berlangsung hingga tahun 2025 dan ada risiko meluas ke medan perang lain."

Kehilangan nyawa, pengeluaran militer tambahan yang signifikan, penghancuran infrastruktur, dan kerusakan berkelanjutan pada aktivitas ekonomi dan investasi semuanya dapat menyebabkan penurunan metrik kredit, kata Fitch. Fitch juga menambahkan bahwa ketegangan di wilayah tersebut "tetap tinggi."

Grafik mata uang Israel. (Sumber: Bloomberg)