Logo Bloomberg Technoz

Harga Tembaga Menguat Didorong Optimisme Permintaan China

News
13 August 2024 06:10

Tembaga. (Dok: Bloomberg)
Tembaga. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Harga tembaga melanjutkan pemulihannya dari penutupan terendah dalam lima bulan, karena perintah untuk menarik logam dari gudang London Metal Exchange (LME) menunjukkan bahwa penurunan permintaan China mungkin telah mencapai titik terendah.

Kontrak berjangka tiga bulan naik 1,8% pada pukul 6:04 sore di London, sebagian didorong oleh pembatalan tembaga LME terbesar sejak April.

Kenaikan ini terjadi setelah lonjakan ekspor katoda dari China dan masuk ke jaringan LME menyebabkan harga tembaga anjlok 19% dari rekor Mei. China menyumbang lebih dari setengah konsumsi tembaga global, dan ekspor tersebut, ditambah dengan data industri yang lemah, mengurangi optimisme tentang prospek permintaannya di pusat data kecerdasan buatan.

Sejak itu, jendela arbitrase untuk mengimpor tembaga olahan ke China telah dibuka kembali, menyebabkan premi untuk logam di sana naik sementara perintah untuk menarik unit dari LME mulai meningkat. Data LME pada Senin (12/08/2024) menunjukkan stok on-warrant turun sebesar 7.375 ton.

Grafik harga tembaga. (Sumber: Bloomberg)