Logo Bloomberg Technoz

Meskipun IHK diperkirakan akan menunjukkan kenaikan harga yang sedikit meningkat pada Juli, metrik tahunan diperkirakan akan terus naik dengan kecepatan lambat. Penurunan tekanan harga baru-baru ini telah meningkatkan kepercayaan para pembuat kebijakan bahwa mereka dapat mulai menurunkan biaya pinjaman sambil memfokuskan kembali perhatian pada pasar tenaga kerja, yang menunjukkan tanda-tanda pendinginan yang lebih besar.

Anggota Dewan Gubernur The Fed Michelle Bowman mengatakan pada Sabtu (10/08/2024) bahwa dia masih melihat risiko kenaikan inflasi dan kekuatan berkelanjutan di pasar tenaga kerja. Hal ini menandakan dia mungkin belum siap untuk mendukung pemotongan suku bunga pada September. Biaya pinjaman yang lebih tinggi biasanya negatif untuk emas, karena tidak membayar bunga.

Logam mulia ini telah naik hampir 20% tahun ini. Seiring dengan ekspektasi penurunan suku bunga, emas juga didukung oleh pembelian bank sentral yang kuat dan permintaan yang kuat dari konsumen China. Meningkatnya ketegangan di Timur Tengah juga telah meningkatkan daya tarik emas sebagai aset aman.

Sementara itu, angka untuk taruhan bullish bersih para manajer uang mencapai level terendah dalam lima minggu, menurut data mingguan dari Commodity Futures Trading Commission.

Harga emas spot naik 1,6% menjadi US$2.470,71 per ons pada pukul 2:50 sore di New York. Indeks Dolar Spot Bloomberg naik 0,2% setelah yen jatuh lebih dari 1%. Paladium, platinum, dan perak semuanya naik.

(bbn)

No more pages