Logo Bloomberg Technoz

Timur Tengah dalam keadaan siaga tinggi sejak pembunuhan komandan tertinggi Hizbullah, Fuad Shukr, di Beirut dan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran pada akhir Juli lalu.

Iran dan proksi regionalnya, termasuk Hizbullah Lebanon, telah menyalahkan Israel atas serangan-serangan ini dan bersumpah untuk melakukan pembalasan.

Meskipun Israel telah mengonfirmasi tanggung jawab atas pembunuhan Shukr, Israel tidak mengakui keterlibatannya dalam kematian Haniyeh.

Dalam pernyataan yang dibuat tidak lama setelah kematian Haniyeh, Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Khamenei, mengatakan bahwa sudah menjadi tugas Iran untuk membalaskan dendam atas kematian pemimpin Hamas tersebut karena hal ini terjadi di wilayah Iran.

Pada Jumat, Ali Fadavi, wakil kepala komandan Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC), mengatakan bahwa perintah Khamenei agar Israel "dihukum" atas pembunuhan Haniyeh akan dieksekusi "dengan cara terbaik."

"Perintah Khamenei terkait hukuman berat bagi Israel dan pembalasan dendam atas darah syuhada Ismail Haniyeh jelas dan eksplisit" dan "akan dilakukan dengan cara yang terbaik," ujar Fadavi.

(red/ros)

No more pages