Logo Bloomberg Technoz

PHRI: Pemalsuan Data Google Business Marak, 320 Hotel Jadi Korban

Pramesti Regita Cindy
12 August 2024 19:20

(Dok. Hotel Westin Jakarta)
(Dok. Hotel Westin Jakarta)

Bloomberg Technoz, Jakarta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyatakan telah terjadi pemalsuan dokumen elektronik secara nasional terhadap akun Google Business pengusaha perhotelan yang tersebar di Indonesia. 

Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani menuturkan kejadian ini berlangsung sejak Minggu (11/8/2024) dan telah tersebar di sejumlah wilayah seperti Sumatra Barat, Riau, Sumatra Selatan, Kepulauan Riau, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi Selatan.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku diduga melakukan perubahan nomor telepon, hingga nomor rekening bank yang tercantum dalam akun Google Business hotel-hotel tersebut, sehingga berpotensi merugikan konsumen dalam proses reservasi kamar.

Hal ini bertujuan untuk menipu calon tamu hotel dengan memberikan harga kamar yang lebih murah, sehingga menarik minat mereka untuk melakukan reservasi.

"Jadi, dan kemarin kami mengetahui pertama kali adalah dari laporan Badan Pengurus Daerah [BPD PHRI] Sumatra Barat. Nah dari situ lalu disampaikan dalam WhatsApp Group kami. Maka teman-teman di daerah langsung melakukan pengecekan terhadap informasi mereka di dalam Google Business, dan didapatilah angka 320 [hotel] sampai hari ini."