Logo Bloomberg Technoz

OPEC Pangkas Perkiraan Permintaan Minyak Jelang Keputusan Pasokan

News
12 August 2024 19:30

Minyak dunia. (Dok: Ilustrasi/Bloomberg)
Minyak dunia. (Dok: Ilustrasi/Bloomberg)

Grant Smith - Bloomberg News

Bloomberg, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) memangkas perkiraan permintaan minyak global tahun ini dan tahun depan karena kartel dan sekutunya bersiap untuk memutuskan peningkatan pasokan yang direncanakan untuk kuartal berikutnya. 

OPEC menurunkan proyeksi pertumbuhan permintaan dunia pada tahun 2024 sebesar 135.000 barel per hari, menurut laporan bulanan. Ini adalah perubahan signifikan pertama pada proyeksi yang masih jauh lebih tinggi dibandingkan dengan industri minyak bumi lainnya.

Dipimpin oleh Arab Saudi, OPEC dan para mitranya harus memutuskan dalam beberapa minggu ke depan apakah akan meneruskan rencana untuk menghidupkan kembali produksi yang terhenti mulai Oktober. Pada pertemuan tinjauan awal bulan ini, aliansi ini menegaskan bahwa mereka dapat "menghentikan sementara atau membalikkan" kenaikan tersebut, "bergantung pada kondisi pasar yang ada."

Harga minyak telah bergejolak dalam beberapa minggu terakhir karena kekhawatiran akan meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah diimbangi oleh tanda-tanda goyahnya pertumbuhan ekonomi di RRT dan AS, yang merupakan konsumen terbesar di dunia.