Logo Bloomberg Technoz

AS Perkuat Pasukan Timteng Jelang Pembicaraan Gencatan Senjata

News
12 August 2024 17:30

AS Perkuat Pasukan Timteng Jelang Pembicaraan Gencatan Senjata. (Dok: Bloomberg)
AS Perkuat Pasukan Timteng Jelang Pembicaraan Gencatan Senjata. (Dok: Bloomberg)

Dan Williams - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) memperkuat pasukan angkatan laut dan udara di Timur Tengah untuk membantu Israel menangkis serangan besar dari Iran, menjelang dimulainya kembali perundingan gencatan senjata Gaza yang direncanakan akhir pekan ini.

Menteri Pertahanan Lloyd Austin memerintahkan pengerahan segera kapal induk USS Abraham Lincoln, yang dilengkapi dengan pesawat tempur F-35C, dan kapal selam berpeluru kendali USS Georgia ke wilayah tersebut, demikian menurut pembacaan dari panggilan telepon dengan mitranya dari Israel, Yoav Gallant, pada Minggu (11/8/2024).

Langkah ini memperkuat pertahanan Israel, yang telah bersiap-siap untuk menghadapi serangan dari Iran atau kelompok-kelompok milisi proksi sekutunya sejak pembunuhan beruntun terhadap para pejabat senior Hizbullah dan Hamas di Beirut dan Teheran hampir dua minggu yang lalu.

Penjabat Menteri Luar Negeri Iran, Ali Bagheri Kani, menegaskan tekad negaranya untuk menghukum Israel atas pembunuhan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, dan Washington sangat ingin menghindari gejolak besar tiga bulan sebelum pemilihan presiden. Israel tidak mengonfirmasi maupun menyangkal bertanggung jawab atas kematian Haniyeh.