Logo Bloomberg Technoz

Harga Energi di Eropa Naik Lagi, Efek Panas Perang Rusia-Ukraina

News
12 August 2024 17:10

Jaringan pipa gas di Eropa. Fotographer: Carina Johansen/Bloomberg
Jaringan pipa gas di Eropa. Fotographer: Carina Johansen/Bloomberg

Anna Shiryaevskaya - Bloomberg News

Bloomberg, Harga energi di kawasan Eropa naik, dimana tren kenaikkan gas alam terus belanjut menyusul kekhawatiran tentang pasokan pipa Rusia di Ukraina.

Kontrak berjangka naik sebanyak 2,6% dan diperdagangkan pada level tertinggi sejak awal Desember. Harga listrik di Jerman dan Perancis mengikuti harga gas, dengan perdagangan berjangka satu tahun ke depan berada di level tertinggi sejak Juni. 

Pasokan gas pipa Rusia terus mengalir melalui titik asupan Sudzha di perbatasannya, bahkan setelah pasukan Ukraina melakukan serangan lintas batas yang mengejutkan minggu lalu. Secara terpisah, Ukraina mengatakan pada hari Minggu malam bahwa pasukan Rusia memulai sebuah kebakaran di lokasi pembangkit nuklir Zaporizhzhia yang diduduki, meskipun tingkat radiasi tampaknya normal di fasilitas tersebut. 

Eropa telah menghentikan sebagian besar pasokan gas pipa Rusia sejak dimulainya perang pada 2022, tetapi beberapa negara - terutama Austria dan Slovakia - masih mengandal pasokan dari negara ini. Sudzha sekarang menjadi satu-satunya stasiun transit yang beroperasi untuk aliran Rusia yang melintasi Ukraina ke Uni Eropa.