Logo Bloomberg Technoz

Pengamat Sebut Dua Kemungkinan Alasan Airlangga Mundur

Mis Fransiska Dewi
12 August 2024 16:30

Pernyataan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto tentang pengunduran diri sebagai Ketua Umum Golkar. (Dok. Partai Golkar)
Pernyataan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto tentang pengunduran diri sebagai Ketua Umum Golkar. (Dok. Partai Golkar)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pengamat menilai terdapat dua kemungkinan yang menjadi alasan Airlangga Hartarto mundur dari jabatan ketua umum Partai Golkar. Bahkan keputusan tersebut diambil hanya selang dua pekan sebelum pendaftaran peserta Pilkada Serentak 2024. 

Peneliti Senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Lili Romli meragukan alibi Airlangga yang menyebut ingin berfokus pada tugasnya di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian jelang suksesi Joko Widodo (Jokowi) ke Prabowo Subianto.

Menurut dia, kemungkinan pertama yang memicu Airlangga mundur adalah adanya kasus hukum yang menjeratnya. Belakangan, hal ini dikaitkan peran Airlangg pada kasus korupsi izin ekspor minnyak di Kementerian Perdagangan. Kasus korupsi ini menjerat orang kepercayaan Airlangga, Lin Che Wei -- saat itu disebut sebagai Tim Asistensi Kemenko Perekonomian.

“Kemungkinan kedua, dugaan adanya intervensi dari kekuatan eksternal. Jika ini benar adanya, sangat disayangkan partai sebesar Golkar mudah diobok-obok. Moga kemungkinan yang ini tidak benar,” kata Lili saat dihubungi, Senin (12/8/2024). 

“Kalau iya, alarm juga bagi partai-partai politik yang lain.”