Logo Bloomberg Technoz

Posisi ke-39 Olimpiade Paris 2024, Daftar Peringkat Indonesia 

Dinda Decembria
12 August 2024 16:01

Medali emas Olimpiade Paris 2024. (Sumber: Bloomberg)
Medali emas Olimpiade Paris 2024. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Olimpiade Paris 2024 telah selesai. Para atlet Amerika Serikat mencatatkan diri sebagai juara umum perhelatan ajang olah raga internasional utama ke-33 tersebut. Mereka meraih 126 medali yang terdiri dari 40 emas, 44 perak, dan 42 perunggu.

Kiprah atlet Indonesia juga mengesankan pada olimpiade kali ini. Usai sejumlah jagoan pada cabang olah raga andalan tumbang, beberapa atlet mampu mengharumkan nama negara usai meraih kemenang dan mempertahankan tradisi medali sejak Olimpiade Seoul 1988.

Indonesia mencatatkan nama di papan peringkat medali usai atlet tunggal putri pada cabang olah raga badminton, Gregoria Mariska Tunjung menjadi juara ketiga dan meraih medali perunggu.

Lagu Indonesia Raya pun akhirnya berkumandang di Paris usai dua atlet meraih medali emas. Mereka adalah atlet panjat tebing, Veddriq Leonardo; dan atlet angkat besi Rizki Juniansyah.

Tiga medali tersebut mendongkrak posisi Indonesia pada urutan ke-39 klasemen perolehan medali di Olimpiade Paris 2024. Hasil ini bahkan menempatkan Indonesia di posisi kedua di antara negara-negara Asia Tenggara yang berhasil meraih medali di ajang tersebut.